Sosialisasi Peraturan Bupati Sleman Nomor 31 Tahun 2019 tentang Pencegahan Perkawinan Pada Usia Anak

Sosialisasi Peraturan Bupati Sleman Nomor 31 Tahun 2019 tentang Pencegahan Perkawinan Pada Usia Anak

Rabu, 30 Oktober 2019 Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Sleman menyelenggarakan Sosialisasi Peraturan Bupati Sleman Nomor 31 Tahun 2019 tentang Pencegahan Perkawinan Pada Usia Anak. Sosialisasi dipimpin langsung oleh Bapak Purwatno Widodo, SH.CN selaku Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat. Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah menghadirkan 3 (tiga) narasumber yaitu dr. Mafilindati Nuraini, M.Kes selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dra. Sri Wantini, M.Pd selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Drs.H.Sugito,MSI selaku Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman.
Peserta sosialisasi meliputi semua kecamatan di Kabupaten Sleman, Kepala Desa di Kabupaten Sleman, Kantor Urusan Agama di Kabupaten Sleman, UPT Puskesmas di Kabupaten Sleman, Tim Kabupaten Layak Anak, Mitra Pengendalian Penduduk dan KB, Duta Kesehatan, Sekretariat Daerah, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan. Pencegahan perkawinan pada usia anak memiliki tujuan sebagai berikut:
1. mewujudkan perlindungan anak dan menjamin terpenuhinya hak-hak anak, agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan;
2. mewujudkan anak yang berkualitas, berakhlak mulia dan sejahtera;
3. mencegah terjadinya kekerasan terhadap anak;
4. mencegah terjadinya kekerasan dalam rumah tangga;
5. mewujudkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga;
6. mencegah anak putus sekolah;
7. menurunkan angka kemiskinan; dan
8. menurunkan angka kematian ibu dan bayi.
Pemerintah Daerah berkewajiban merumuskan dan melaksanakan kebijakan, program maupun kegiatan pendewasaan usia perkawinan dalam upaya pencegahan perkawinan pada usia anak dengan mensinergikan kebijakan, program, dan kegiatan untuk mewujudkan kabupaten layak anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKUTI KAMI