Lomba Kadarkum : Upaya Membudayakan Masyarakat Sadar Hukum di Kabupaten Sleman

Lomba Kadarkum : Upaya Membudayakan Masyarakat Sadar Hukum di Kabupaten Sleman

Sleman, 16/11/2023

Pemerintah Kabupaten Sleman, melalui Bagian Hukum Sekretariat Daerah Pemkab Sleman menyelenggarakan Lomba Kadarkum, yang diselenggarakan di Pendopo Parasamya, 16 November 2023. Lomba tersebut bertujuan untuk memantapkan dan meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat di Kabupaten Sleman. Lomba diikuti oleh 12 kelompok kadarkum di 12 Kalurahan, meliputi Kalurahan Sendangtirto, Kalitirto, Jogotirto, Madurejo, Sumberharjo, Sinduharjo, Donoharjo, Selomartani, Tamanmartani, Maguwoharjo, Tridadi dan Margorejo.

Lomba Kadarkum dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra HY.Aji Wulantoro, SH., M.Hum dihadiri unsur Kanwil Kumham DIY, Perangkat Daerah, Kapanewon, dan Kalurahan.

Dalam pelaksanaan lomba diperoleh 5 peringkat terbaik. Juara Harapan II kelompok kadarkum Kalurahan Donoharjo, Juara Harapan II Kalurahan Jogotirto, Juara III Kalurahan Sinduharjo, Juara II Kalurahan Sendangtirto, dan Juara I dari Kalurahan Tridadi. Kepada para juara diberikan trophy dan uang pembinaan yang diserahkan langsung oleh Bupati.

Bupati Sleman yang menjadi narasumber pada acara tersebut menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan lomba dan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran hukum masyarakat. Semakin tinggi kesadaran hukum masyarakat maka akan tercipta budaya hukum yang lebih baik. Indikator kesadaran hukum antara lain memiliki pengetahuan tentang peraturan hukum, sikap terhadap suatu peraturan hukum, yang pada akhirnya membentuk pola perilaku hukum.

Pada kesempatan tersebut Bupati mengharapkan 86 kalurahan yang ada di Sleman terbentuk kalurahan sadar hukum, sehingga dapat meningkatkan kesadaran hukum di masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKUTI KAMI
Ajukan Pertanyaan
Hubungi Kami
Apakah ada yang bisa kami bantu?